Jumat, 23 April 2010

TEKTONIK LEMPENG
 Oleh : SUTARYA
 
Sekarang akan kita bahas mengenai tektonik lempeng, tektonik lempeng  berasal dari bahasa dari baha inggris "plate tectonic", merupakan cabang dari ilmu geofisika yang mebahas pergerakan besar sekitar litosfer, seperti kita ketahui bahwa bumi kita di ciptakan dengan berlapis-lapis yaitu:
1. Kerak bumi (crussh), yaitu lapisan bumi yang paling luar ketebalan mencapai 70 km, dan merupakan tempat tinggal seluruh penduduk bumi, suhu dibawah kerak bumi tersebut mencapai 1100 derajat celcius, suhu yang panas sekali, dibawah kerak bumi sampai kedalaman 100 km itu dinamakan litosfer.

2. Selimut atau selubung (mantle), terletak dibawah kerak bumi sampai kedalaman 2900 km dan suhu mencapai 3000 derajat celcius, gak percaya silahkan teliti sendiri hehehehe.
3. Inti Bumi (Core), terletak di bawah mantel bumi sampai kedalaman 5000 km, matrial penyusunnya terdiri dari besi cair yang panas sekali suhunya mencapai lebih dari 3000 derajat celcius.

Kita kembali ke persoalan kita, jadi tektonik lempeng terjadi pada lapisan bumi yang paling luar yaitu litosfer dengan kedalaman sekitar 100 km dibawah permukaan bumi

 
                                                                  GB  lapisan bumi
Litosfer terdiri dari dua bagian, bagian yang terluar dari mantel terdiri dari matrial yang kaku dan padat sementara di bawahnya juga padat tetapi bisa mengalir seperti zat cair karena suhu yang cukup tinggi sementara dibawahnya lagi berisi matrial yang kaku lagi bukan disebabkan oleh dinginnya suhu melainkan dkarenakan oleh tekanan yang cukup tinggi.

Di muka bumi kita terdapat beberapa lempeng yang satu sama lain bergerak, ada yang menjauh (divergen), ada yang bertumbukan (konvergen) ada juga yang menyamping (transform), nah pergerakan lempeng tersebut bisa menyebabkan gempa bumi yang sering kita rasakan, kemudian aktivitas gunung berapi, pembentukan gunung sampai pembentukan palung samudra. Para ahli meneliti pergerakan lempeng di muka bumi ini adalah sekitar 50-100 mm/tahun (sumber journal geofhisics). 

batas lempeng terdiri dari,Pasifik, Arab, amerika utara, philipin, Erasia, Fiji, Afrika, Juan de fuka, Antartika, Indo-Australia, India.

Mungkin itu yang bisa saya sampaikan saat ini semoga bermanfaat

Tidak ada komentar: