Sabtu, 20 Februari 2010

PETA KARIR




PETA KARIR

Saya baca di Tribun Pontianak, Kamis, 18 Februari 2009, ternyata kita memerlukan peta dalam berkarir apa sih gunanya peta, TP juga mengatakan agar kita tak salah jalan atau perjalanan anda ke tempat tujuan semakin cepat, mungkin seperti itulah fungsi dari peta karir. Setiap pekerja memerlukan peta karir ini

Lebih cepat lebih baik
sebenarnya sangat di sarankan untuk membuat peta karir ketika anda memasuki dunia kerja. Sehingga langkah anda menjadi terarah. Meski begitu, anda yang telah bekerja bertahun-tahunpun belum terlambat untuk membuat peta ini Apalagi anda menyadari ketika karir anda mentok dan pekerjaan yang digeluti bukanlah pekerjaan impian. Atau anda mulai menunjukan tanda-tanda kejenuhan, diantaranya tidak ada semangat meraih prestasi kerja, mulai merasa tidak bergairah kerja, dan cepat melontarkan kritik terhadap lingkungan kerja.

Target Ideal
Setelah anda menyadari bahwa anda butuh peta, maka langkah selanjutnya adalah membuat target. Buatlah target serealistis mungkin. misalnya dalam 2-5 tahun, anda harus masuk tingkat supervisory, dan selanjutnya. Hindari target yang menawang-awang, misalnya dalam dua tahun kedepan anda menduduki posisi presdir dan sebagainya, bukannya tidak boleh memiliki cita-cita seperti itu, namun rasanya kurang realistis aza.

Evaluasi Diri
Untuk membuat peta karir anda perlu melakukan evaluasi terhadap kompetensi yang dimiliki dan pekerjaan yang saat ini dimiliki. Tuliskan dalam kertas mengenai diri dan posisi anda di kantor. Misalnya, anda akan akan menjadi apa dalam satu tahun, lima tahun dan sepuluh tahun mendatang. Tuliskan mengenai posisi yang dituju, karakteristik pekerjaan, kemampuan yang perlu di kuasai, besarnya gaji dan kesempatan promosi.

Plan B
Siapkan juga strategi atau rencana bila terjadi hambatan dalam peta karir anda. Hal-hal yang dapat mengubah arah karir diantaranya perusahaan berada dalam kondisi krisis keuangan, merger, divisi anda ditiadakan dan sebagainya. Kalau hal-hal yang tak diinginkan terjadi diperusahaan anda jangan putus asa, tetaplah optimis. Anda bisa beralih ke perusahaan lain, dan menggunakan peta karir di tempat baru.

Demikian rekan rekan peta karir dengan judul asli "Perlunya Peta Karir Menuju Puncak" dari Tribun Pontianak Kamis 18 Februari 2009, Selamat Membaca.

Tidak ada komentar: